ANALISIS INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KONAWE SELATAN

Authors

  • Asmin Joko Baribin
  • Syamsul Alam
  • Rahman Rahman

Keywords:

Inovasi, Pelayanan Administrasi, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Inovasi pelayanan administrasi dalam meningkatkan kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian kualitatif ini menggunakan studi kasus deskriptif. Informan penelitian berjumlah tujuh orang yang terdiri dari kepala Dinas, Kepala UPTD Dnas Perhubungan Kabupaten Konawe Selatan, Kepala Bidang Perhubungan Darat, Pegawai UPTD, dan masyarakat pemilik kendaraan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi pelayanan administrasi dalam meningkatkan kinerja pegawai dilakukan melalui inovasi konseptual untuk meningkatkan kemampuan memperkenalkan misi baru, pandangan, tujuan, strategi dan rasional baru. Inovasi delivery dilakukan dengan cara-cara yang diubah dalam menyelesaikan masalah, memberikan layanan atau berinteraksi dengan pelanggan dengan tujuan untuk memberikan layanan khusus. Inovasi interaksi sistem dilakukan melalui cara-cara baru atau yang diubah dalam berinteraksi dengan pihak lain, baik itu pelanggan maupun organisasi lain dengan kinerja pelayanan administrasi didukung oleh kelompok masukan, kelompok proses, kelompok luaran, kelompok hasil. Kelompok manfaat, dan kelompok dampak yang berinteraksi dalam melakukan inovasi untuk perubahan pelayanan buku keur dan pelayanan masyarakat.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Baribin, A. J., Alam, S., & Rahman, R. (2022). ANALISIS INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KONAWE SELATAN. Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 13(1), 1–8. Retrieved from https://journal.uho.ac.id/index.php/publica/article/view/14